Cara Setting modem ADSL TP-LINK dan setting IP Address Speedy

Pengaturan modem dapat dilakukan dengan beberapa cara. Anda bisa menggunakan CD aplikasi yang terdapat dalam paket modem TP-LINK. Anda juga bisa membuat pengaturan melalui network setting pada windows dari laptop. Dan cara lain adalah menggunakan setup wizard pada IP default. Cara terakhir ini yang akan saya jelaskan dan cara ini cukup mudah dipahami oleh kebanyakan pengguna.

Caranya masukkan IP default dengan mengetikkan 192.168.1.1 pada salah satu browser anda(Saya sarankan menggunakan Mozilla). Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Anda cukup ketikkan "admin" baik pada username & password(default).

Lalu, akan muncul interface berupa konfigurasi beberapa parameter internet. Lihat pada bagian subtitle awal "Quick Start". Klik pada tab tersebut dan akan muncul "RUN WIZARD" di tengah. Klik bagian tersebut.

Selanjutnya ikuti perintah yang terdapat dalam kotak informasi browser. Klik "NEXT".


Ketika anda diminta memilih zona waktu, maka pilihlah yang sesuai dengan daerah anda. Selanjutnya, klik "NEXT".


Berikut, anda akan diminta memilih tipe koneksi dari modem anda. Sekedar informasi, ada beberapa tipe koneksi yang akan anda jumpai dalam setting modem.
1. Dynamic IP Address : modem akan mendapatkan IP Address dengan otomatis dari pihak ISP (Telkom Speedy). IP address ini cenderung berubah-ubah sesuai pengaturan pihak ISP.
2. Static IP Adress : pengguna internet mengatur alokasi IP yang diperoleh secara khusus dan identik, sehingga tidak berubah-ubah.
3. PPPoE/PPPoA : tipe ini digunakan kebanyakan pihak ISP dengan basis DSL, dan begitupun dengan Telkom Speedy. Modem melakukan dial-up secara otomatis dari titik tertentu ke ke titik pusat(pusat server Telkom Speedy).
4. Bridge : tipe ini memiliki kemiripan dengan tipe PPPoE/PPPoA, namun anda harus melakukan dial-up setiap anda ingin terkoneksi dengan server Telkom Speedy. Tipe ini cocok untuk pelanggan DSL dengan tipe Time & Quota Based. 

Saya sarankan memilih tipe PPPoE/PPPoA karena tipe ini tidak mengenal batasan waktu dan batasan kuota, sehingga cocok dipakai untuk unlimited service. Klik "NEXT"

Selanjutnya, masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti username(nomor-speedy@telkom.net), password speedy, VPI (ketik 8), VCI (ketik 81), connection type (PPPoE LLC). Klik "NEXT"


Berikut adalah pengaturan WLAN/Access Point Wireless anda. Perhatikan gambar berikut untuk mengatur beberapa parameter. Anda dapat menulis & memilih nama(terserah) & password(kombinasi huruf & angka, minimal 8 karakter) access point. Klik "NEXT"


Sebelum langkah terakhir, anda akan diminta untuk memeriksa semua parameter yang anda telah pilih & ketik sebelumnya. Jika anda ingin memeriksa & mengubah parameter tersebut, silahkan klik "BACK". Jika anda sudah yakin, Klik "NEXT" untuk menyimpan settingan anda. Prosesnya akan membutuhkan waktu, tergantung dari koneksi internet & spesifikasi komputer. Biarkan hingga selesai.


Ini adalah tampilan akhir dan anda sudah menyelesaikan settingan modem. Apa indikasi bila anda berhasil? perhatikan lampu di modem anda. Modem anda akan restart dan bila sudah kembali menyala, semua lampu indikator, termasuk lampu Internet akan menyala.

Tentu saja ini mudah karena anda dapat melakukan dalam waktu sekitar 30 menit. 

Bila lampu internet anda masih mati, coba lakukan prosedur restart system modem pada alamat yang sama. Perhatikan gambar berikut. Klik pada subtitle "Maintenance" dan klik tab "SysRestart". Gunakan "Current Settings" dan klik "RESTART".

Berikut, anda akan melihat progress restart sistem dan tunggu hingga selesai (100%).

Bila muncul kotak dialog seperti ini, masukkan username dan password default (admin). 



Comments